10 Alat Musik Sederhana yang Dapat Anda Buat Sendiri

Jul 11, 2018
DIY Kreatif

Musik telah menjadi bagian penting dalam budaya Indonesia. Namun, untuk dapat menghasilkan suara yang indah, tidak selalu harus menggunakan alat musik yang mahal. Dengan kreativitas Anda, Anda bisa membuat 10 alat musik sederhana dari barang bekas seperti kaleng hingga bambu. Simak panduan berikut ini.

1. Angklung dari Bambu

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Anda dapat dengan mudah membuat angklung sendiri di rumah menggunakan bambu yang tersedia. Caranya, potong bambu menjadi ukuran yang berbeda-beda untuk menghasilkan nada yang berbeda pula. Selanjutnya, rapatkan ujung bambu dan ikat dengan tali. Mainkan angklung yang Anda buat dengan cara menggoyangkan tubuhnya dan nikmati melodi yang dihasilkan.

2. Kendang Mini dari Kaleng

Jika Anda mempunyai kaleng bekas di rumah, Anda bisa membuat kendang mini dengan sangat mudah. Potong bagian atas dan bawah kaleng, lalu bungkus dengan kain untuk menghasilkan suara yang lebih jelas. Gunakan tangan Anda untuk memainkan kendang mini ini dengan berbagai ritme yang diinginkan.

3. Suling dari Pipa Plastik

Suling adalah alat musik tiup yang terbuat dari pipa plastik. Anda dapat mencoba membuat suling homemade dengan pipa plastik bekas. Potong pipa plastik sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian lubangi beberapa bagian untuk menentukan nada yang dihasilkan. Cara memainkannya cukup dengan meniup bagian ujung pipa dengan berbagai variasi napas yang berbeda.

4. Marakas dari Botol Plastik dan Biji-bijian

Marakas adalah alat musik perkusi yang terbuat dari botol plastik dan biji-bijian seperti kacang-kacangan atau beras. Isi botol plastik dengan biji-bijian hingga setengah penuh, lalu tutup rapat botol tersebut. Goyangkan botol plastik dengan biji-bijian di dalamnya untuk menghasilkan suara ritmis yang menyenangkan.

5. Kalimba dari Material Bekas

Kalimba atau thumb piano adalah alat musik petik yang terdiri dari beberapa tines (paku logam) yang dipasang di atas papan kayu atau bahan lainnya. Anda bisa membuat kalimba dari material bekas seperti karet, kawat, dan potongan-potongan kayu. Rakitlah kalimba homemade tersebut dan nikmati suara unik yang dihasilkannya.

6. Drum dari Ember Plastik

Jika Anda ingin memiliki drum sederhana, gunakanlah ember plastik bekas sebagai bodi drum. Pasang kulit drum dengan karet di atas bagian atas ember untuk menghasilkan suara drum yang nyaring. Pukul kulit drum dengan tongkat drum atau tangan Anda untuk menikmati irama musik yang Anda mainkan.

7. Xylophone dari Kayu dan Pipa PVC

Xylophone adalah alat musik perkusi yang terdiri dari beberapa papan kayu dengan berbagai panjang yang disusun secara berjenjang. Manfaatkan potongan-potongan kayu bekas dan pipa PVC untuk membuat xylophone homemade Anda. Pukulkan kayu tersebut dengan penjepit tangan atau palu kecil untuk menghasilkan suara yang berbeda-beda.

8. Cajon dari Kotak Karton

Cajon adalah alat musik perkusi yang berbentuk kotak yang dapat Anda duduki saat memainkannya. Anda bisa membuat cajon dari kotak karton bekas dengan menambahkan lubang di bagian belakang sebagai pintu suara. Ketuk bagian depan kotak karton tersebut dengan tangan Anda untuk menciptakan berbagai ritme yang menarik.

9. Harmonika dari Kertas dan Jubah

Harmonika adalah alat musik tiup yang terdiri dari beberapa lubang yang dapat menghasilkan beberapa nada berbeda. Buatlah harmonika sederhana dari kertas dan jubah bekas dengan menambahkan lubang-lubang kecil di atas kertas. Tiuplah harmonika yang Anda buat untuk mendengar deretan suara yang indah.

10. Ukulele dari Kotak Kardus

Ukulele adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dan senar yang dipetik dengan jari. Namun Anda juga dapat membuat ukulele dari kotak kardus bekas dengan menambahkan senar-senar yang terbuat dari tali atau karet yang ditarik di atas lubang kotak sebagai dawai. Petik ukulele kardus Anda dan rasakan suara yang unik dari alat musik buatan sendiri.

Kreativitas Tanpa Batas dalam Membuat Alat Musik Sederhana

Dengan adanya 10 alat musik sederhana yang dapat Anda buat sendiri dari barang bekas, kreativitas Anda dalam berkarya tidak akan terbatas. Langkah pertama adalah mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kemudian mulailah merakit alat musik homemade Anda dengan penuh inspirasi. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan ide yang kreatif untuk menciptakan suara yang unik dan istimewa.